Tips dan Cara Optimasi SEO On Page


Tips dan Cara Optimasi SEO On Page - Optimasi SEO On Page untuk Blogger dapat dilakukan dengan cara mengoptimalkan halaman dalam suatu situs atau SEO on page dan halaman luar situs itu sendiri atau dikenal dengan istilah SEO off page. 


Kenapa SEO On Page harus lebih didahulukan?
Jika diibaratkan sebuah bangunan, membangun sebuah blog maka yang harus terlebih dahulu dilakukan adalah membangun sebuah pondasi yang kuat agar nanti bangunan tersebut menjadi kokoh serta tidak mudah tergoyahkan. Begitu juga dengan membangun sebuah Blog, langkah awal yang harus menjadi pertimbangan adalah meneliti setiap bagian (internal) sebuah blog dan berusaha untuk menjaga serta mengatur agar adanya keseimbangan sebelum melakukan Optimasi SEO Off Page. Artinya kenapa kita harus terburu-buru dalam melakukan optimasi keluar (Off Page), jika landasan awalnya sendiri belum siap.

Untuk itu, sebelum melangkah lebih jauh berikut hal-hal yang diperlukan sebagai landasan awal untuk membangun sebuah blog.


Pemilihan Template

Template adalah kerangka awal dimana sebuah blog akan dibangun. Pada bagian ini kita dituntut untuk mengenal lebih dalam karakter sebuah template. Jangan memilih sebuah template hanya dilihat dari tampilan luarnya saja, tapi juga perlu dilihat struktur dalam template apakah sudah baik dan bersahabat dengan mesin pencari.

Pengaturan Tag Heading (H1 - H6)

Ini merupakan hal penting yang harus diatur sedemikian rupa. Sesuai dengan unsur yang dianjurkan search engine agar lebih dapat mengenali sebuah blog. Sebaiknya, hindari penggunaan dua atau lebih Tag H1 pada Postingan dan Halaman Statis. Selanjutnya baru pada sub judul kita gunakan Tag H2 (heading 2) dan begitu seterusnya hingga ke Heading yang lebih kecil.

Konten atau Isi

Content Is King demikianlah yang sering dibicarakan oleh para pakar SEO di seluruh dunia. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah konten seperti apa yang bisa dibilang telah masuk dalam kategori konten yang berkualitas?

Menurut beberapa rekomendasi, yakni konten unik bukan hasil dari copas itulah yang sering kita dengar mengenai penilaian konten yang berkualitas. Namun tentunya tidak cukup hanya sekedar unik saja, masih ada beberapa faktor lain yang akan membuat konten tersebut menjadi berkualitas dimata search engine.

Menu atau Navigasi

Menu atau Navigasi pada blog dapat kita ibaratkan sebagai langkah awal pemandu seorang pengunjung untuk melangkah lebih jauh ke dalam blog kita. Kita bisa bayangkan, jika sebuah hotel mewah tanpa seorang resepsionsis penyambut tamu. Tamu tidak akan tahu fasilitas apa yang disediakan hotel yang ia kunjungi untuk membuat seorang tamu bisa betah berlama-lama di hotel tersebut. Dan ada kemungkinan ia akan memutuskan untuk berpikir mencari hotel lain yang mampu memberi rekomendasi tentang hal yang dia butuhkan.

Navigasi tersebut bisa berupa informasi utama seperti Halaman Kontak, Tentang, Disclaimer, dan tak ketinggalan yaitu Sitemap atau Daftar Isi sebagai bagian penting pada blog. Lalu dapat pula ditambahkan dengan menu untuk Kategori dan lainnya.

Dengan kelengkapan pada Menu tersebut maka akan sangat membantu pengunjung dalam menemukan informasi yang ia cari. Serta akan menjadi sebuah rekomendasi dari kita yang akan berkembang menjadi jalan penuntun bagi pengunjung untuk terus menjelajah setiap artikel blog.

Tidak hanya itu, sistem navigasi yang baik akan membuka peluang sebuah blog yang nantinya akan ditampilkan dengan Sitelink pada SERP khususnya Google.

Judul Postingan

Judul Postingan mempunyai peran penting dan harus memenuhi unsur kata kunci. Dalam hal ini diperlukan kreativitas dan ide, serta kemampuan membaca potensi kata kunci yang akan diketik oleh calon pengunjung di search engine.

Unsur lain yang tidak kalah penting dalam penentuan judul artikel adalah harus mempunyai relevansi dengan isi artikel bersangkutan. Untuk itu kita bisa memasang sebuah widget artikel terkait yang biasa dipasang setelah akhir dari sebuah artikel.

Navigasi Link Pada Konten

Pada sebuah blog, link yang menghubungkan satu halaman pada kehalaman lain, sangat berperan penting untuk meningkatkan ranking. Fungsi ini mirip dengan Menu Navigasi yang telah Saya sebutkan di atas. Link tersebut berguna sebagai penunjuk bagi pengunjung saat mencari informasi selanjutnya atau yang terkait. Biasanya link-link tersebut dapat dalam sebuah widget artikel terkait yang biasa dipasang setelah akhir dari sebuah artikel.

Pemilihan Kata Kunci

Kata Kunci atau keywords harus disesuaikan dengan Topik serta Judul Artikel. Secara umum, kata kunci utama yang kita bidik diupayakan mengandung unsur judul artikel dan relevan dengan isi konten. Dalam hal ini sedikit penambahan kata untuk menambah peluang memperoleh pengunjung yang menggunakan mesin pencari untuk menemukan Informasi. Sebaiknya hindari kata kunci tunggal, karena hampir pada semua kata kunci tunggal selalu akan berat persaingannya.

Pengaturan atau Peletakan Kata Kunci pada Konten

Pada sebuah artikel biasanya akan ada beberapa Paragraf, bagi dan atur keywords utama pada setiap paragraf dengan pas dan seimbang. Jangan menumpukkan kata kunci hanya pada beberapa paragraf saja. Rangkailah kata kunci tersebut se-natural mungkin dan tersemat secara merata pada beberapa bagian konten.


Demikian sedikit tips SEO mengenai Tips dan Cara Optimasi SEO On Page pada blog. Semoga bermanfaat.

Tips dan Cara Optimasi SEO On Page Tips dan Cara Optimasi SEO On Page Reviewed by Laros on Rabu, September 14, 2016 Rating: 5
Rekomendasi Untuk Anda × +
Add Comments

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.